Monday, July 16, 2018

#1 Apa itu C ?

Assalamualaikum
Selamat pagi, siang, sore, malam guys... :) gw sedang excited nih

Hai selamat datang di blog gw. Disini gw bakal berbagi tutorial pemerograman. Lebih tepatnya belajar memahami bahasa pemerograman. Tapi sebelum belajar berbagai bahasa pemerograman. Kita harus tau dulu kenapa harus belajar bahasa pemerograman?! Nah kenapa? mungkin ada diantara kalian yang belajar bahasa pemerograman karena mengemban tugas kuliah, ada juga mungkin yang ingin membuat sebuah aplikasi atau software, dan mungkin ada juga biar kelihatan keren bisa ngoding dan sebagainya.

Tapi, alasan utama kenapa kita belajar bahasa pemerograman adalah agar kita tau bagaimana dasar dasar terciptanya suatu program pada suatu perangkat komputer dan gadget.

Bahasa pemerograman di dunia ada bermacam-macam. Ada yang tau?! Yak benar ada C, C++, C#, php, html, SQL, Java, Javascript, Ruby, CSS, Python, Shift, jQuery, get dan masih banyak lagi. Tapi sekarang gw mau bahas bahasa pemerograman C++.

Nah sekarang kita bahas salah satu bahasa C, yaitu C++. Bahasa ini digagas oleh seorang ahli yang bernama Bjarne Stroustrup pada tahun 1985. Awalnya ada bahasa C. kemudian Bjarne Stroustrup menggagas sebuah ide untuk menambah-nambahkan fitur pada bahasa C dan sampe sekarang penamaannya menjadi C++.

Bahasa C++ digagas tahun 1985. Kuno? Tunggu dulu sob. bahasa C sudah distrandardisasi guys. dari tahun ke tahun bahasa C++ diupgrade terus guys.

1985 : Terstandardisasi
1998 : C++ 98
2003 : C++ 03
2011 : C++ 11
2014 : C++ 14
2017 : C++ 17

C++ tiap tahun direvisi guys. Jadi bahasa ini masih sangat eksis sampe sekarang dan tahun-tahun selanjutnya di masa depan.

Nah, mungkin ada yang nanya kaya gini "Bang bahasa C++ susah!", "Bang mending belajar bahasa PHP dulu yang lebih mudah!". Eiitts tunggu dulu bro. Belajar bahasa C++ itu ga sehoror perkiraan kalian. Ya emang susah sih, tapi mendingan belajar yang susah dulu baru yang mudah. Kalo kalian udah jago di C++ nanti saat kalian belajar bahasa program yang lain bakalan jadi mudah.



Kaunggulan dari C++ adalah support semua platform seperti Windows, Linux, Mac, Ios, Android dan bahkan beberapa console game yang kalian punya menggunakan bahasa C++ seperti Sony PlayStation dan XBOX (console game segede meja makan itu loh :D). Kenapa bisa di semua platform itu? Kuncinya adalah Compiler. Apa sih compiler itu? Simak di postingan selanjutnya ya!
Sampai ketemu di postingan selanjutnya... Jangan bosan :D See you guys ...
Wassalamualaikum



Share:

0 comments:

Post a Comment