Monday, July 16, 2018

#2 Cara Kerja Bahasa C/C++

Assalamualaikum
Selamat pagi, siang, sore, malam guys!
Halo balik lagi sama gw. Nah, di postingan gue kali ini gue akan ngebahas seperti apa sih cara komputer membaca bahasa C itu sendiri. Yang pasti sistem membaca kode program itu ngga secara instan temen-temen. Ada tahap-tahapnya atau step by step. Asek...



Nah by the way gimana sih cara kerjanya? Oke kita mulai pembahasannya.

Awalnya ada baris-baris kode program dengan bahasa C++ atau yang biasa disebut source file. Kemudia source file tadi akan di compile oleh compiler ke dalam bentuk bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh sistem yang akan menjalankan program yang kita buat. Lebih mudahnya sebuah compiler bekerja layaknya sebuah mesin translate seperti google translate yang menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa kita Bahasa Indonesia contohnya.

Setelah malalui proses compiling setelahnya bakal ada yang namanya proses linking. Tapi linking akan kita bahas di postingan selanjutnya yak..

Lanjut, setelah linking dan diperoses oleh si compiler tadi. Sistem akan mudah membaca source file yang berisi baris program yang kita buat dan menghasilkan output file yang bisa di execuitable (dijalankan oleh sistem). Outputnya bisa berupa file .exe (windows) .apk (android) .app(ios) dan masih banyak lagi tentunya.

Btw mungkin ada yang nanya "Bang kok teori terus sih, kapan ngodingnya?". Haha eiitts sabar dulu bro. Kita kenalan dulu lah sama akar nya dulu baru bisa tumbuh dan berkembang hehe.

Nah, untuk membuat sebuah program kita butuh dua senjata utama. Apa itu?


Yang kita butuhkan:
Text Editor 
Text editor nantinya sangat membantu kita untuk editing kode pemerograman.
Compiler
Compiler, ini bagian yang terpenting. Kaya apa yang udah gue omongin panjang lebar diatas hehe.

Add info : Text editor dan Compiler bisa diganti dengan IDE (Integrated Development Environment) buat kalian yang males install dua kali. IDE adalah campuran text editor dengan compiler.

Nah, untuk selanjutnya gue akan ngasih tutorial cara install text editor dan compiler. Tentunya di postingan selanjutnya ya... Oke see you guys!
Wassalamualaikum
Share:

0 comments:

Post a Comment